fbpx
Home Kewirausahaan Tips Semangat Bekerja Meskipun Sedang Berpuasa

Tips Semangat Bekerja Meskipun Sedang Berpuasa

11
tips semangat bekerja

Tips Semangat Bekerja – Meskipun penting, namun ternyata tidak semua orang memiliki semangat untuk bangun pagi dan bekerja setiap hari. Orang-orang tetap bekerja karena itulah kewajiban mereka dan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Padahal bekerja adalah salah satu bentuk ibadah. Bahkan Rasulullah pernah bersabda,“Sesungguhnya di antara dosa-dosa itu, ada yang tidak dapat terhapus dengan puasa dan shalat”. Maka para sahabat pun bertanya: “Apakah yang dapat menghapusnya, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: ”Bersusah payah dalam mencari nafkah.” (HR. Bukhari)

Bekerja saat puasa seharusnya membuat tubuh kita semakin semangat. Meskipun tidak makan dan minum, namun kita bekerja dalam kondisi pikiran optimal.

Lalu kenapa banyak orang yang justru saat puasa malah lesu dan kurang tenaga, bahkan bermalas-malasan sambil menyalahkan puasa?

Berdasarkan penelitian rata-rata hampir lebih dari 20% pekerja di Indonesia kurang semangat bekerja. Angka bisa lebih tinggi jika ditemukan pekerja yang bekerja di bidang yang tidak mereka sukai, tapi hari demi hari harus bekerja karena untuk penuhi kebutuhan, anak, dan semua hal kehidupan.

Sejatinya kuncinya agar bersemangat dalam kerja ada di saat pagi hari. Yakni, setiap pagi harus memotivasi diri sendiri dengan mencari keinginan terdalam, dan memahami kenapa kita harus bekerja untuk memenuhi impian itu.

Jadi membuat pola pikir bahwa Anda mengerjakan apa yang dicintai, dengan menghitung langkah setiap menuju pekerjaan, sambil memilikirkan ribuan langkah lainnya sambil menyusun masa depan yang lebih jelas.

Mungkin Anda pernah merasakan atau berpikir seperti ini:

“Aku tidak bisa mencapai sesuatu yang ingin aku tkejar selanjutnya tanpa berada di sini sekarang.”

“Ini adalah tahun-tahun perjuanganku, kesulitan dan pengorbanan ini tidak akan bertahan selamanya.”

Mulailah setiap pagi Anda dengan pola pikir seperti ini ini. Anda akan menemukan bahwa cara berpikir seperti ini berdampak besar pada perasaan Anda sepanjang hari.

Kata-kata itu, membuat Anda mampu melalui banyak pagi dan hari yang sulit tetapi itu bukan solusi permanen. Kami tidak mengklaim bahwa melatih pola pikir seperti ini tiba-tiba membuat hidupmu sempurna. Ini adalah mekanisme agar Anda semangat bekerja, bahkan dalam kondisi berpuasa.

Namun bila Anda sudah sampai pada tahap pola pikir ini tidak lagi menjadi alat yang berguna untuk mengatasi kejenuhan Anda. Ini suatu pertanda bahwa saatnya Anda benar-benar bangun dan mencari pekerjaan baru.

Semoga artikel tips semangat bekerja saat berpuasa ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.