fbpx
Home Kata Bijak Islam 25 Kata Nasehat Islami Tentang Kegagalan dalam Hidup

25 Kata Nasehat Islami Tentang Kegagalan dalam Hidup

Kata Nasehat Islami Tentang Kegagalan

Kata nasehat islami tentang kegagalan – Setiap orang pasti menginginkan impiannya menjadi kenyataan. Namun, sayang seringkali roda kehidupan tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan.

Tak semua yang kita harapkan akan menjadi kenyataan. Seringkali apa yang kita rencanakan dan cita-citakan, justru seperti jauh panggang dari api. Itulah tanda ketidaksempurnaan kita sebagai manusia. Mari selalu ingat bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Manusia adalah makhluk yang dipenuhi hawa nafsu dan angan-angan. Setiap kegagalan tentunya memberikan rasa marah, kesal, kecewa, sedih, dan perasaan tidak mengenakkan lainnya.

Padahal apabila mau diambil hikmahnya, dibalik kegagalan tentu banyak pelajaran yang bisa dipetik.

Allah SWT berfirman:

“Bukankah Allah telah menyampaikan, bahwa boleh jadi apa yang kita benci itu justru sebenarnya baik bagi kita, dan boleh jadi apa yang kita sukai itu justru buruk bagi kita.” (Q.S Al-Baqarah: 216).

Satu hal yang patut selalu kita ingat, Allah adalah sebaik-baik pembuat rencana. Dan Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita, bukan apa yang kita inginkan.

Hanya memang manusia terkadang sulit memahami. Bahkan tak jarang justru malah menyalahkan Allah. Padahal dibalik kesulitan dan kesusahan yang ia alami, Allah telah mempersiapkan akhir yang indah.

Karena itu, penting bagi setiap umat muslim untuk menyikapi kegagalan dengan sikap positif. Mari selalu memohon kepada Allah supaya diberikan yang terbaik dalam kehidupan.

(Baca Juga: 40 Kata Mutiara Islam Inspiratif dari Ibnu Qayyim Al Jauziyah)

Kata Nasehat Islami Tentang Kegagalan dalam Hidup

Berikut ini beberapa kata mutiara islami tentang kegagalan yang diharapkan mampu menjaga motivasi kita dalam melangkah.

Kata mutiara islam berikut ini akan mengajarkan kita tentang bagaimana seharusnya sikap seorang muslim dalam memandang setiap kegagalan yang menimpanya.

Kata Nasehat Islami tentang Kegagalan

  • Jika apa yang mungkin dianggap sebagai kegagalan di dunia ini akan memberi seseorang kesuksesan di kehidupan selanjutnya, maka lebih baik gagal di dunia ini. – Dr. Bilal Philips

Sukses adalah tersandung kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

  • Jangan pernah membiarkan kesuksesan meracuni kepalamu dan jangan biarkan kegagalan meracuni hatimu. – Ziad K. Abdelnour

Ketika kita merasa telah diracuni oleh stres, perasaan tertekan, rasa sakit, dan kegagalan, obat penawar terbaik adalah dengan berdoa.

  • Ujian demi ujian yang telah aku lalui membuat-Mu kecewa, tapi tetap saja rahmat-Mu masih tercurah.

Kamu tidak perlu khawatir tentang kegagalan saat kamu melakukan sesuatu dengan niat tulus ikhlas dan memberikan yang terbaik dalam usahamu hanya semata-mata karena Allah.

  • Kesombongan adalah kegagalan, bahkan jika hal itu terjadi karena kesuksesan.

Kegagalan adalah ongkos yang harus kamu keluarkan untuk menggapai kesuksesan.

  • Sesungguhnya besarnya pahala tergantung pada besarnya ujian. Apabila Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. – Hadits

Akan selalu ada orang-orang yang merasa senang atas kegagalan yang kamu alami dan merasa terganggu dengan kesuksesan yang kamu raih. Hanya keikhlasanmu kepada Allah dalam beramal yang akan membuatmu tidak terpengaruh dengan perlakuan mereka itu. – Saad Tasleem

  • Masa kegagalan adalah waktu terbaik untuk menabur benih-benih kesuksesan.

Tahukah apa yang Alquran ajarkan kepadaku? Alquran mengajarkanku bahwa seorang manusia yang sangat kaya raya bisa menjadi seorang yang gagal (seperti Firaun), dan seorang yang tidak memiliki rumah bisa menjadi seorang yang sukses (seperti Nabi Ibrahim ‘alaihis salam). Itu mengajarkanku bahwa kesuksesan tidak ada hubungannya dengan kekayaan, dan kegagalan tidak ada hubungannya dengan kemiskinan. – Nouman ali khan

  • Ingatlah bahwa kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan, ia adalah bagian dari kesuksesan.

Janganlah kamu putus harapan dan bersedih hati. – (Q.S Ali Imran: 139)

  • Jangan takut menghadapi kegagalan dalam percobaan pertama, karena bahkan perhitungan yang sukses dimulai hanya dengan ‘nol’ saja.

Kegagalan itu seperti sosok Ibu, ia akan mengajarkan kepada kita beberapa pelajaran berharga tentang hidup.

  • Terkadang, Allah mengambil segala sesuatu dari kita sehingga kita bisa belajar menghargai segala sesuatu yang telah Dia berikan kepada kita.

Silahkan membuat berbagai rencana, tapi pahamilah bahwa kita hidup dengan rahmat Allah.

  • Aku tahu kamu merasa lelah dan letih. Aku tahu kamu bosan dengan kegagalan. Rehatlah sejenak, tapi jangan pernah berhenti. Kamu pasti bisa melakukannya. Bukan karena kamu kuat, tapi karena Dia (Allah) adalah kekuatanmu. – Yasmin Mogahed

Inilah hidup. Suka atau tidak, kamu tidak akan tumbuh tanpa rasa sakit, kamu tidak akan belajar tanpa membuat kesalahan terlebih dahulu, dan kamu tidak akan berhasil tanpa mengalami kegagalan.

  • Tidak ada yang namanya kegagalan, selalu ada pelajaran berharga dari setiap kegagalan.

Sukses bukanlah guru yang baik, kegagalan lah yang akan membuatmu rendah hati.

  • Untuk mereka yang masih terus berusaha, ingatlah bahwa kegagalan hanyalah sementara.

Ketika Allah menutup satu pintu, Dia membukakan pintu yang lainnya.

  • Ada peluang rahasia yang tersembunyi di dalam setiap kegagalan.

Kegagalan hanyalah peluang untuk memulai lagi, hanya saja kali ini memulainya dengan lebih bijak.

(Baca Juga: 35 Kata Bijak Islam Abu Bakar Al Shiddiq, Sang Pembela Rasulullah)

Semoga beberapa Kata nasehat islami tentang kegagalan di atas bisa memberikan semangat untuk kembali bangkit ketika menghadapi kegagalan. Jangan sampai kegagalan justru membuat kita menyerah dan semakin terpuruk.