15 Kata Mutiara Islam Utsman Bin Affan, Pemilik Dua Cahaya

23
Kata Mutiara Islam Utsman Bin Affan

Kata Mutiara Islam Utsman Bin Affan – Utsman bin Affan adalah khalifah rasyid yang ketiga. Ia dianggap sosok paling kontroversial dibanding tiga khalifah rasyidin yang lain. Mengapa sahabat Rasulullah saw yang mulia ini bisa dianggap kontroversial?

Sebab ia dituduh sebagai seorang yang nepotisme. Utsman bin Affan dituduh mengedepankan nasab dalam politiknya, bukan lewat kapasitas dan kapabilitas. Tentu saja hal itu merupakan tuduhan yang hina terhadap dzu nurain, pemilik dua cahaya (julukan Utsman bin Affan), orang yang dinikahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan dua orang putrinya.

Utsman bin Affan lahir dari keluarga yang berada dan cukup berpengaruh pada masanya. Ia sendiri berusia 5 tahun lebih muda dari Baginda Rasulullah SAW.

Amirul mukminin, pemilik dua cahaya, telah berhijrah dua kali, dan suami dari dua orang putri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibunya bernama Arwa binti Kuraiz bin Rabiah bin Hubaib bin Abdu asy-Syams dan neneknya bernama Ummu Hakim, Bidha binti Abdul Muthalib, bibi Rasulullah. Dari sisi nasab, orang Quraisy satu ini memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Selain sebagai keponakan Rasulullah, Utsman juga menjadi menantu Rasulullah dengan menikahi dua orang putri beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan keutamaan ini saja, sulit bagi seseorang untuk mencelanya, kecuali bagi mereka yang memiliki kedengkian di hatinya.

Seorang tokoh di masyarakat kita saja akan mencarikan orang yang terbaik menjadi suami anaknya, apalagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentulah beliau akan memilih orang yang terbaik untuk menjadi suami putrinya.

Dikenal sosok yang jujur dan berintegritas

Jauh sebelum masuk islam, Utsman bin Affan sudah dikenal memiliki kepribadian yang baik sebagai pribadi yang jujur dan berintegritas. Sehingga menjadi salah satu tokoh kaum Quraisy yang cukup berpengaruh.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Orang paling penuh kasih sayang dari umatku adalah Abu Bakar, orang paling gagah berani dalam membela agama Allah adalah Umar, dan orang paling jujur kerendah-hatiannya adalah Utsman.”

Kenapa dijuluki pemilik dua cahaya?

Sebagai salah satu sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga, Utsman bin Affan memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh sahabat lainnya. Ia memiliki kepribadian yang jujur, dermawan, baik hati, dan penyayang. Karena itulah, Nabi Muhammad SAW menikahkan dua putrina dengan Utsman bin Affan. Kedua putri Rasulullah yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Putri Nabi Muhammad SAW yang pertama menikah dengan Utsman bin Affan adalah Ruqayyah. Namun setelah Ruqayyah meninggal pasca Perang Badar. Rasulullah lalu menikahkan Utsman bin Affan dengan putrinya yang lain, yaitu Ummu Kultsum.

Oleh sebab itulah, Utsman kemudian dikenal dengan sebutan Dzun Nurain yang berarti ‘Sang Pemilik Dua Cahaya’.

(Baca juga: 50 Kata Bijak Islam Umar bin Khattab)

Kata-Kata Bijak Islam Utsman Bin Affan

Sebagai tokoh islam yang berpengaruh dan salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga karena kesholehannya, maka tak heran kalau perangai dan perkataannya wajib kita contoh.

Berikut beberapa kata mutiara islam Utsman bin Affan yang wajib diketahui umat muslim di era milenial.

  • Gelisah terhadap dunia adalah kegelapan untuk hati, sedangkan gelisah terhadap akhirat adalah cahaya untuk hati. – Utsman bin Affan

Di antara para pendosa, yang terburuk adalah dia yang meluangkan waktunya untuk membahas kesalahan orang lain. – Utsman bin Affan

  • Derajat keimanan tertinggi adalah bahwa kamu selalu merasa berada di hadapan Allah. – Utsman bin Affan

Tanda-tanda orang bijaksana (orang yang mengenal Allah dengan segala keagungan-Nya) itu ada empat macam, yaitu; 1) Hatinya selalu berada di antara rasa resah dan harap, 2) Lidahnya selalu menyanjung dan memuliakan Allah, 3) Kedua matanya penuh rasa malu dan air mata, 4) Kecenderungannya untuk mengabaikan dunia dan mencari ridha Tuhannya. – Utsman bin Affan

  • Ada empat hal yang tidak berguna, yaitu: 1) Ilmu tanpa amal, 2) Kekayaan tanpa diiringi dengan infaq di jalan Allah, 3) Ketaatan ibadah hanya untuk dipamerkan, yaitu didorong oleh motivasi duniawi, 4) dan umur panjang yang dihabiskan tanpa berbuat amal kebajikan. – Utsman bin Affan

Andai hati kalian bersih, maka kalian tidak akan pernah merasa bosan membaca al-Qur’an. – Utsman bin Affan

  • Ketika kaum Muslimin tercerai-berai, keimanan mereka akan terkoyakkan dan akan kehilangan kekuatan persatuan dan kesatuan di antara mereka. – Utsman bin Affan

Ambillah hikmah dan pelajaran dari kisah orang-orang terdahulu. – Utsman bin Affan

  • Tak seorang pun yang menyembunyikan suatu rahasia di dalam hatinya kecuali Allah akan menampakkan pada raut wajahnya atau melalui perkataan yang terlontar dari lidahnya. – Utsman bin Affan

Tiga hal yang aku sukai di dunia ini, yaitu; memberi makan kepada orang yang lapar, memberi pakaian kepada orang yang bertelanjang, dan membaca Al-Qur’an. – Utsman bin Affan

  • Cukuplah bagimu bahwa orang yang iri terhadapmu merasa tertekan pada saat senangmu. – Utsman bin Affan

Allah mencintai orang yang rela meninggalkan dunia, Malaikat mencintai orang yang rela meninggalkan dosanya, dan umat islam mencintai orang yang tidak serakah. – Utsman bin Affan

  • Tergelincirnya lidah itu lebih berhaya daripada tergelincirnya kaki. – Utsman bin Affan

(Baca juga: 35 Kata Mutiara Islam Sahabat Ali bin Abi Thalib)

Demikianlah beberapa kata mutiara islam dari sahabat Rasulullah yang mulia yaitu Utsman bin Affan. Semoga bisa kita ambil pelajaran dari nasehatnya. Lebih dari itu, semoga dijadikan orang yang mampu meneladani pribadi beliau yang penuh dengan akhlak terpuji.