Hamidiye Camii, Masjid Super Nyaman Bernuansa ‘Surga’ di Turki

masjid seperti surga

Singgah ke Masjid Hamamiye Camii di Turki, warga Muhammadiyah dijamin akan dibuat mengucap Masya Allah. Seperti di alam, masjid ini terinspirasi ayat Alquran.

Berlokasi di Kota Kirsehir, Turki Tengah, Masjid Hamamiye Camii tak ada ubahnya dengan sebuah oase yang menyajikan keteduhan dari fananya dunia.

Masjid ini dihiasi oleh lukisan pepohonan hijau serta air terjun di bagian mimbar seperti diberitakan situs Islamic Information.

Masjid ini berada di Kota Kirsehir, Turki (ilmfeed/Facebook)Masjid ini berada di Kota Kirsehir, Turki (ilmfeed/Facebook)

Lukisan yang tampak seperti aslinya itu pun kian hijau dengan karpet masjid yang juga bernuansa rumput. Ilustrasi langit berwarna biru juga menghiasi dinding masjid tersebut.

Sejarahnya, masjid itu pertama kali dibangun tahun 1910 oleh kekhalifahan Utsmani dan dinamakan sesuai khalifah terhebat saat itu, Amir al-Mu’minin Sultan Abdulhamid II Khan.

Seiring dengan berakhirnya kekhalifahan Utsmani, masjid itu pun sempat terbengkalai sebelum dihancurkan dan dibangun kembali. Saat direnovasi, masjid itu pun mendapat nama baru seperti yang dikenal sekarang.

Serasa oase yang hijau (ilmfeed/Facebook)Serasa oase yang hijau (ilmfeed/Facebook)

Terinspirasi dari Alquran, ayat 22 Surat Al Baqarah, masjid itu didesain menyerupai gambaran surga yang asri dan hijau. Desain lukisannya pun dibuat oleh seorang arsitek berkebangsaan Azerbaijan.

Keindahan masjid dan karya arsitek itu pun sempat viral dan dibagikan baik orang muslim maupun non-muslim di Facebook. Saking indahnya, tak sedikit yang memuji masjid tersebut.

“Rasanya saya seperti beribadah di surga,” ujar salah satu umat di sana.

Imam masjid, Sefa Ekinci bercerita kalau ia dan segenap umat di sana telah berusaha semaksimal mungkin untuk mempercantik masjid tersebut.

Di luar umat Muslim, masjid itu pun juga jadi daya tarik wisata atas keindahannya. Traveler yang liburan ke Turki mungkin wajib memasukkan masjid ini ke dalam bucket list Anda.

Dari sekian banyak masjid bernuansa indah yang ada di Turki, terdapat salah satu yang menarik perhatian wisatawan karena arsitekturnya yang unik, dan disebut bernuansa ‘surga’.

Masjid yang dimaksud tidak lain adalah Hamidiye Camii. Bagaimana tidak, melansir Boombastis, masjid yang terletak di kota Kirsehir ini kabarnya adalah gambaran surga yang direalisasikan ke dalam bentuk desain interior.

Hamidiye Camii sendiri dibangun di bawah pengawasan Kekhalifahan Utsmaniyah pada 1910, dan nama masjid diambil dari khalifah Islam terbesar pada waktu itu, yaitu Sultan Abduhlhamid II Khan. Masjid ini sempat dihancurkan, namun dibangun kembali dengan nama yang berbeda.

Sang arsitek yang berasal dari Azerbaijan memang sengaja membuat masjid tampak seperti surga yang digambarkan dalam kitab suci Alquran. Inspirasinya adalah Alquran surah Al-Baqarah: 22, di mana surga adalah tempat yang asri dan hijau. Karena itulah dalam masjid terdapat ilustrasi air terjun yang mengalir, pohon-pohon hijau, tumbuhan dan bunga, rumput (lantai) yang hijau dan segar, serta langit biru yang menghiasi semua ruangan.

Imam Hamidiye Camii yang bernama Sefa Ekinci mengatakan, mereka yang menjadi pengurus berusaha semaksimal mungkin menjaga segala fasilitas yang ada di masjid tersebut.