fbpx
Home Doa Doa Sebelum Belajar dan Membaca Alquran Beserta Artinya

Doa Sebelum Belajar dan Membaca Alquran Beserta Artinya

20
Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar dan Membaca Alquran Beserta Artinya – Sebelum belajar, sebaiknya setiap muslim hendaklah membaca doa agar diberikan kemudahan dalam mencerna dan memahami setiap pelajaran.

Jadi buat adik-adik yang selama ini tidak berdoa dulu sebelum belajar, yuk hapalkan doa sebelum belajar ini agar Allah SWT mempermudah dalam menyerap ilmu yang dibagikan oleh guru di sekolah maupun ustadzah di tempat mengaji.

Tidak ada perbedaan antara orang yang pintar, cerdas dan wawasannya luas dengan orang yang biasa saja.

Semua orang yang kini pintar dan cerdas serta berwawasan luas awalnya adalah orang yang biasa saja seperti pada umumnya. Namun mereka bisa menjadi orang yang luar biasa karena memiliki keinginan yang kuat dalam belajar, bersemangat dan pantang bosan apalagi menyerah.

Selain itu, mayoritas orang pintar selalu mengawali proses belajarnya dengan berdoa. Itulah kenapa berdoa sebelum belajar sangat penting untuk mempermudah proses belajar adik-adik.

Baca Juga : Kumpulan Doa Sehari-hari Beserta Arti Agar Hidup Penuh Berkah

Sebenarnya ada banyak sekali doa sebelum belajar yang bisa diamalkan, dan memiliki makna dan arti yang bertujuan sama, yaitu agar mempermudah kita dalam menuntut ilmu dan menangkap dengan baik pelajaran yang kita pelajari.

Nah, dibawah ini admin sudah menyiapkan beberapa doa sebelum belajar yang bisa teman-teman amalkan.

Belajar ataupun menuntu ilmu itu wajib, dari ilmu pengetahuan tentang agama hingga ilmu sosial. menuntu ilmu itu wajib hukumnya, telah dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

artinya : Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan. (HR. Ibnu Majah)

Doa Sebelum Belajar di Sekolah

  1. رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

    Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

    Artinya : Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

    2. رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

    Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

    Artinya : Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.

Doa Sebelum Mengaji

Mengaji adalah menimba atau belajar ilmu agama yang berhubungan dengan sikap, perilaku perbuatan untuk bekal nanti di akhirat. nah, sebelum mengaji dianjurkan juga untuk membaca doa sebelum belajar ngaji, dan berikut adalah doanya.

اَللَّهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.

Artinya : Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.

Baiklah, demikian adalah bacaan doa sesaat sebelum belajar yang dapat tim Kabar Muhammadiyah sampaikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua yang masih merupakan pelajar. jangan lupa untuk share artikel ini, agar bermanfaat bagi teman-teman kita yang lainya.