fbpx
Home Kewirausahaan Cara Sukses Jadi Pengusaha Muslim

Cara Sukses Jadi Pengusaha Muslim

26
Cara Sukses Jadi Pengusaha, Cara Jadi Pengusaha Muslim Sukses, cara sukses jadi pengusaha, cara jadi pengusaha sukses, cara sukses jadi pengusaha muslim

Siapapun tentu berharap ingin menjadi sukses. Namun tahukah Anda bagaimana cara sukses jadi pengusaha muslim?

Apa Anda termasuk orang yang suka membaca buku atau cari kata-kata motivasi sukses di Instagram, namun Anda sampai hari ini belum juga berhasil? Ingin tips praktis yang dapat Anda terapkan agar menjadi pribadi yang sukses?

Jika jawaban Anda ‘YA’ untuk satu atau lebih pertanyaan diatas, maka Anda telah mengunjungi tempat yang tepat.

Di postingan ini kami akan memaparkan 7 langkah sederhana yang dapat membawa Anda menuju kesuksesan dalam hidup dan karier Anda.

Saya tidak bohong kepada Anda. Ketujuh langkah tersebut sederhana, namun tidak mudah.

Jangan khawatir atau pesimis dulu. Sepanjang Anda sungguh-sungguh melakukannya, Anda akan menjadi orang sukses di usia muda atau usia sebaliknya.

Mari kita mulai dengan beberapa aspek terkait kesuksesan yang mesti Anda ketahui. Yuk bahas secara menyeluruh bagaimana cara sukses jadi pengusaha.

Daftar Isi

Apa itu Sukses?

Saya percaya Anda ingin menjadi orang sukses. Dengan kesuksesan tersebut, Anda dapat membahagiakan diri sendiri, keluarga, orang tua, pasangan, atau teman-teman Anda.

Namun, apa itu sukses?

Jujur saja, banyak orang yang menyebut orang sukses adalah orang yang memiliki banyak harta. Banyak juga orang yang bilang bahwa orang sukses itu adalah pejabat atau orang terkenal.

Mereka tidak salah. Mengapa? Karena mereka mendefinisikan sukses berdasarkan indikatornya.

Dalam pandangan saya, definisi sukses yang tepat adalah meraih apa yang diinginkan. Yang diinginkan ini bisa berupa cita-cita, sasaran, atau target.

Sebagai contoh, jika Anda bercita-cita menjadi seorang dokter, kemudian Anda kuliah di fakultas kedokteran dan lulus menjadi dokter, Anda telah menjadi orang sukses.

Contoh lain, jika Anda memiliki sasaran keluar dari pekerjaan sekarang dan kemudian terwujud, maka Anda dapat disebut seorang yang sukses.

Tentu saja, sukses itu bukan akhir. Namun, bisa juga sebagai awal untuk meraih keberhasilan lain.

Modal Dasar Kesuksesan

Percaya atau tidak, modal dasar untuk sukses itu ada dua yaitu hard skill dan soft skill(attitude).

Ilustrasi menjadi orang sukses

Hard skill adalah kemampuan teknis yang bisa diperoleh dengan belajar sendiri atau melalui pendidikan/pelatihan. Sementara itu, soft skill adalah kemampuan mengelola diri sendiri dan orang lain.

Ingin contoh kedua modal ini? Baiklah…

Cermati contoh berikut. Mengemudikan mobil adalah hard skill, sedangkan cara Anda bereaksi ketika ada orang yang menyeberang di depan mobil Anda atau terjebak macet merupakan soft skill.

Contoh lain, jika Anda ingin menjadi seorang blogger sukses, maka hard-skill yang harus Anda kuasai antara lain menulis, membangun email listsearch engine optimization (SEO), membuat produk, dan pemasaran.

Sementara itu, soft-skill yang mesti Anda miliki antara lain percaya diri, tidak takut bersaing, tidak takut gagal, optimistis, adaptasiintegritas, kerja sama, dan respons Anda terhadap kritikan.

Dari dua modal ini, mana yang paling berperan dalam kesuksesan seseorang? Menurut penelitian Universitas Harvard, soft skill menentukan 80% kesuksesan seseorang.

5 Sukses yang Harus Anda Perjuangkan

Asep Ridrid Karana, teman SMA saya yang sekarang pakar spiritual mind motivation, mengungkapkan bahwa ada 5 sukses yang harus diperjuangkan.

Berikut penjelasan singkat kelima sukses tersebut.

a. Sukses Spiritualitas

Kesuksesan ini berkaitan dengan akhirat atau ketaatan Anda terhadap agama yang dipeluk. Misalnya, jika Anda beragama Islam, Anda mesti melaksanakan ibadah wajib seperti sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, dan membayar zakat.

Ibadah wajib ini juga dilengkapi dengan ibadah sunat seperti menunaikan umrah, shalat tahajud, membaca Al-Quran, dan sebagainya.

b. Sukses Finansial

Kesuksesan finansial berkaitan dengan uang. Memang uang bukan segalanya, namun Anda butuh uang untuk beragam keperluan sehari-hari.

Seperti apa sukses finansial? Umumnya berupa karier yang cemerlang, rumah yang layak, kendaraan pribadi, tabungan masa depan, atau bisnis yang menguntungkan.

c. Sukses Kesehatan

Apalah artinya banyak harta atau punya jabatan tinggi kalau Anda sakit-sakitan. Bisa jadi harta Anda akan habis dipakai berobat. Oleh karena itu, Anda mesti memiliki tubuh yang sehat.

Upaya yang dilakukan bisa berupa olahraga rutin (misalnya lari pagi 3 kali seminggu), makan makanan sehat, istirahat cukup, dan pikiran positif.

d. Sukses Keluarga

Pernah melihat orang kaya atau selebritis yang rumah tangganya berantakan? Anda mungkin tidak ingin seperti mereka. Oleh karena itu, Anda mesti berusaha untuk sukses dalam berkeluarga.

Bentuknya bisa berupa rumah tangga yang harmonis, anak-anak yang sholeh, pasangan yang pengertian, hormat kepada orang tua, dan rukun terhadap saudara.

e. Sukses Sosial

Dalam menjalani hidup ini Anda tidak bisa sendiri, bukan? Ya, Anda butuh orang lain, entah itu teman, rekan kerja, atau tetangga.

Oleh karena itu, sukses sosial yang mesti Anda perjuangkan antara lain aktif di lingkungan rumah, berkerja sama dengan rekan kerja, memiliki banyak teman, bersedekah kepada orang yang tidak mampu, menaati peraturan, dan menyantuni anak yatim.

Tahapan Menjadi Orang Sukses

Dari penjelasan di atas, Anda sudah paham definisi, modal, dan jenis sukses. Sekarang waktunya Anda mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar Anda meraih kesuksesan. Untuk menjadi orang sukses, lakukan 7 langkah berikut:

a. Yakinlah bahwa Anda bisa sukses

Mulailah dengan meyakinkan diri bahwa Anda bisa sukses. Mengapa? Karena kalau Anda yakin bisa sukses, Anda sudah separuh jalan menunju kesuksesan.

Untuk meyakinkan diri sendiri, ambil atau lihat cermin. Tatap wajah Anda dengan seksama untuk beberapa saat. Lalu, bicaralah pada diri sendiri bahwa Anda bisa sukses.

Tips lain, Anda bisa memprogram pikiran bawah sadar Anda. Tanamkan dalam alam bawah sadar bahwa Anda bisa sukses seperti atau lebih dari orang lain.

b. Tetapkan sasaran

Setelah meyakinkan diri sendiri, sekarang saatnya Anda membuat sasaran. Sasaran ini bisa jangka pendek (misalnya satu tahun atau satu bulan) atau jangka panjang (misalnya 5 atau 10 tahun).

Apa yang harus menjadi sasaran Anda? Jika memungkinkan, tetapkan sasaran untuk kelima sukses di atas. Jika sebaliknya, ambil satu saja sebagai prioritas, misalnya sukses finansial.

Agar sasaran itu bukan sekadar khayalan, Anda mesti menetapkannya dengan mengikuti kriteria SMART yaitu spesific (spesifik), measurable (dapat diukur), achievable (dapat dicapai), relevant (relevan), dan time-bound (ada tenggat waktunya).

Jangan khawatir jika Anda belum paham dengan prinsip SMART ini. Contoh di bawah ini bisa membantu Anda memahaminya.

Katakanlah Anda seorang blogger senior yang menguasai SEO. Anda ingin menulis buku tentang SEO. Maka, Anda membuat dua sasaran berikut:

  • Sasaran 1: Menulis sebuah buku
  • Sasaran 2: Menulis draft pertama buku tentang SEO sepanjang 10.000 kata dari 30 Mei – 8 Juni 2016.

Dari dua sasaran tersebut, mana yang memenuhi kriteria SMART? Tentu saja sasaran yang kedua. Alasannya adalah:

  • Specific: Menulis draf pertama buku tentang SEO
  • Measurable: 10.000 kata
  • Achievable: ya, dengan cara menulis 1.000 kata sehari
  • Relevant: Relevan dengan profesi blogger
  • Time-bound: 30 Mei – 8 Juni 2016

c. Buat rencana tindakan

Sasaran SMART memberikan gambaran kepada Anda mengenai apa yang akan diraih. Gambaran itu semakin jelas jika Anda membuat peta (rencana tindakan) meraih sasaran tersebut.

Bagaimana membuat rencana tindakan? Gampang. Yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi dan menulis langkah-langkah menuju sasaran tersebut.

Pada contoh sasaran di atas, rencana tindakannya bisa seperti ini:

No Rencana Tindakan Tanggal
1 Memvalidasi ide topik buku 17 Mei 2016
2 Riset topik buku 18-19 Mei 2016
3 Membuat kerangka buku 20 Mei 2016
4 Membuat judul buku 20 Mei 2016
5 Menulis draft pertama 1.000 kata sehari 30 Mei – 8 Juni 2016

Supaya tidak lupa, taruh rencana tindakan tersebut di tempat yang mudah Anda lihat. Sebagai contoh, Anda mencetak rencana tindakan dan menempatkannya di depan meja kerja Anda.

Bisa juga, Anda memublikasikan rencana tindakan tersebut di akun Facebook Anda agar menciptakan akuntabilitas.

d. Bertindak

Semua sasaran bisa menjadi omong kosong jika Anda tidak bertindak. Oleh karena itu, bertindaklah sesuai rencana tindakan yang telah Anda buat.

Bagaimana caranya bertindak? Masukkan rencana tindakan dalam to-do list harian Anda. Tempatkan sebagai prioritas pertama, mengalahkan tugas-tugas Anda yang lain.

Pada contoh di atas, to-do list Anda pada tanggal 16 Mei 2016 bisa seperti ini:

  • Memvalidasi ide topik ( 1 jam)
  • Menjawab pertanyaan pengunjung (30 menit)
  • Menulis postingan blog (2 jam)

Dalam praktiknya, kerjakan tugas prioritas Anda terlebih dahulu. Setelah selesai, coret tugas tersebut dalam to-do list Anda atau Anda bisa juga memberi tanda X pada tanggal kalender.

Bagaimana kalau malas datang menerjang? Itu biasa.

Bukan hanya kepada Anda, tapi malas biasa juga datang kepada orang lain yang sedang mengejar keberhasilan.

Yang tidak biasa adalah Anda membiarkan rasa malas tersebut menghentikan langkah Anda. Untuk mengatasi rasa malas, mulailah sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh, jika Anda menargetkan menulis 1.000 kata, mulai dengan menulis 50 kata saja.

e. Lakukan kaji ulang

Langkah kelima adalah mengkaji ulang (review) semua tindakan Anda. Mengapa ini harus dilakukan?

Karena dengan kaji ulang, Anda bisa mengetahui apakah Anda berjalan di jalur yang benar atau sebaliknya.

Kaji ulang ini bisa dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Dari pilihan tersebut, saya merekomendasikan Anda untuk melakukan kaji ulang mingguan.

Mengapa? Karena tidak merepotkan dan Anda dapat segera mengetahui pencapaian Anda.

Apa yang harus dikaji ulang? Sederhana saja. Bandingkan pencapaian Anda minggu tersebut dengan rencana tindakan Anda.

Sebagai contoh, jika seminggu Anda harus menulis 7.000 kata, dan ternyata Anda hanya mampu menulis 5.000 kata, maka Anda mesti mencari tahu mengapa masalah itu terjadi.

Gunakan teknik 5 mengapa untuk mencari akar masalahnya.

f. Tindaklanjuti

Setelah diketahui akar masalahnya, tindaklanjuti untuk menghilangkan penyebabnya. Sebagai contoh, akar masalah Anda tidak bisa menulis sesuai target adalah karena Anda kurang tidur.

Maka, tidurlah yang cukup. Dengan demikian, badan Anda segar dan Anda pun bisa bertindak dengan lebih produktif.

g. Syukuri kesuksesan

Setelah Anda bertindak dengan keras dan mungkin juga cerdas, Anda akan meraih kesuksesan. Syukuri kesuksesan tersebut.

Anda bisa melakukannya dengan sujud syukur atau memanjatkan doa sesuai kepercayaan Anda. Anda juga bisa mentraktir makan pasangan, keluarga, teman, atau anak-anak yatim.

Seperti Anda lihat, cara menjadi orang sukses itu sederhana. Semua orang bisa melakukannya, termasuk Anda. Jadi, cobalah ketujuh langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Saya optimistis Anda akan menjadi orang sukses!

Rahasia Sukses di Usia Muda

Sukses di usia muda merupakan impian semua anak muda namun untuk meraihnya harus dibayar dengan perjuangan yang keras. Sukses usia muda tentu beda rasanya dengan usia dewasa yang biasanya ditandai dengan usia di atas 50 tahun. Bila kita bisa mencapai sebuah keberhasilan saat usia masih belia ada banyak hal yang bisa dilakukan ketimbang bila telah memasuki masa uzur.

Tapi, bukan hal mudah untuk bisa sukses di usia muda. Anda perlu kerja keras, ketekunan dan diiringi dengan doa dan kesungguhan. Beberapa orang bahkan harus jatuh bangun terlebih dahulu agar benar-benar bisa sampai di tangga sukses. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar sukses di usia muda. Simak pula beberapa kisah inspirasi sukses di usia muda dari para pengusaha muda dan berbakat berikut ini.

Yuk Raih Kesuksesan Di Usia Muda Dengan 10 Kiat Sederhana Berikut: 

Teori dan konsep mencapai sukses bisa seabrek jumlahnya. Tapi bagi mereka yang benar-benar ingin mencapai sukses di usia muda, mereka tak pernah berhenti belajar dan terus menambah asupan informasi dari beragam sumber agar semakin matang dalam pemikiran serta tindakan. Beberapa diantaranya terangkum dalam 10 kiat sukses di usia muda berikut ini.

Tidak Takut Hidup Susah

Kegagalan adalah pintu keberhasilan. Mereka yang berhasil merasakan manisnya sukses di usia muda paham akan hal ini. Bukan berarti bahwa tak pernah gagal, malahan berkali-kali bangkit dari kegagalan membuat mental kita makin teruji. Alhasil, kesusahan dalam hidup bukan jadi halangan malah memacu semangat untuk terus mencoba.

Kerja Keras yang Cerdas

Kerja keras itu wajib, sementara kerja cerdas juga harus agar usaha keras yang kita lakukan bisa efektif dalam meraih target yang kita inginkan. Mereka yang sukses di usia muda bisa menggabungkan kerja keras dan kerja cerdas untuk menjadikan dirinya mampu menaklukan hambatan guna meraih impian.

Bersahabat dengan Risiko

Semua orang paham bahwa dengan menjadi pengusaha ada kemungkinan untuk mendapat penghasilan lebih banyak. Tapi, untuk jadi pengusaha yang mapan bukan berarti tidak ada risikonya, malahan menurut beberapa survei,  untuk menjadi pengusaha Anda harus siap melakoni pekerjaan yang penuh dengan risiko. Untuk mereka yang kini sudah sukses di usia muda, manajemen risiko jadi menu pembelajaran sehari-hari yang tak pernah lelah untuk terus dikuasai.

Memilih Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat

Pendidikan yang berkualitas adalah modal yang baik bagi seseorang untuk meraih impian. Anak muda yang punya visi kedepan yang jelas akan memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan cara ini, harapannya tentu saja, pendidikannya akan bisa mendukung perkembangan usaha atau apa saja yang dilakoni agar berkembang maksimal dari masa ke masa.

Berusaha Menyisihkan 25% dari Pendapatan Pertahun

Mereka yang sukses sejak usia muda sangat terbiasa mencanangkan diri untuk menabung. Tidak main-main karena dengan disiplin menyisihkan 25% dari pendapatannya pertahun maka akan ada simpanan untuk menghadapi kebutuhan di masa-masa sulit. Ataupun juga untuk hal yang lebih besar seperti investasi pada properti atau pengembangan usaha.

Menggunakan Tabungannya Untuk Investasi

Bukan sekedar menabung, mereka yang sukses di usia muda juga menjalankan uangnya melalui skema pasar modal. Dengan cara seperti ini, modal pasif yang Anda setorkan akan menjadi modal aktif yang keuntungannya dapat dipergunakan untuk membiayai banyak hal.

Berinvestasi pada Properti

Berinvestasi pada properti seperti rumah atau apartemen juga menjadi salah satu hal yang jadi ciri pengusaha muda sukses. Mereka menyadari bahwa investasi yang demikian bisa membawa keuntungan setelah melepas masa lajang dengan menempati rumah sendiri.  Aset properti ini juga bisa dijual untuk kebutuhan lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa setiap tahunnya harga properti mengalami peningkatan sebesar 15-20%.

Bergabung dengan Asuransi Untuk Proteksi Diri

Tak hanya dari segi investasi aktif, para pengusaha muda idealnya juga harus aktif melindungi diri dengan produk asuransi. Mereka menyadari bahwa dengan memberikan proteksi diri lewat asuransi maka ketergantungan jika terjadi risiko jatuh sakit atau masa tua sudah tak perlu lagi menjadi sumber kekhawatiran.

Tidak Boros dan Gampang Tergiur Teknologi Baru

Realitas hari ini yang banyak di ikuti oleh kaum muda adalah tingginya biaya belanja produk teknologi semacam gadget dan sebagainya. Padahal ini sebenarnya kontra produktif. Tak kurang dari itu, kebanyakan kaum muda yang berhasil sukses saat masih berusia belia malahan tidak berpikir demikian. Mereka melihat gadget sebagai sarana pendukung kegiatan yang bersifat kebutuhan dan bukan sebagai keinginan yang jadi bagian gaya hidup.

Fokus dan Punya Integritas

Kiat yang terakhir ini yang paling mendasar untuk menunjang sukses di usia muda yaitu fokus dan mengedepankan integritas. Mereka tidak akan main-main untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras dan telaten dalam menjalankan bisnisnya.

Dari sekian banyak kiat di atas, jika diterapkan dalam keseharian dan berwujud pada satu kegiatan bisnis yang berlandaskan passion yang tinggi maka akan lebih mudah mewujudkan sukses di usia muda. Pertanyaannya, bisnis seperti apa yang banyak ditekuni dan jadi kunci sukses? Ada ulasannya yang masih perlu terus disimak berikut ini.

Dari Kuliner, Sampai Ikan Hias, Modalnya Bukan Hanya Uang Tapi Ketekunan dan Kerja Keras

ketekunan dan kerja keras untuk meraih kesuksesan  Diperlukan Ketekunan dan Kerja Keras untuk Meraih Kesuksesan

Pantang menyerah merupakan resep sukses yang sampai hari ini masih efektif. Beberapa tipe usaha berikut banyak dipilih oleh para pengusaha muda untuk menjadi jalan mewujudkan suksesnya masing-masing.

  • Dari Hobi Makan Berubah Jadi Pemilik Rumah Makan

Siapa tak tergiur dengan model bisnis kuliner yang akhir-akhir ini bahkan sangat booming. Bukan hanya mereka yang sudah kawakan di dunia bisnis, tren bisnis kuliner juga telah mengantarkan banyak anak muda menuju gerbang sukses di usia belia. Mulai dari mengemas aneka jajanan, berkreasi dengan resep olahan hingga menghasilkan jajanan unik yang menarik minat banyak kalangan, sampai menawarkan ulang jajanan tempo dulu menjadi kekinian.

Salah satu kisah sukses, seperti yang dialami oleh pemilik sebuah restoran sushi yang kini telah mampu meraup omzet hingga kisaran Rp30 jutaan perbulan. Siapa sangka, bisnis yang lagi booming ini awalnya hanya dimulai dari cara pemasaran lewat teman dan keluarga saja.

  • Tren Bisnis Sepatu dan Fashion

Fashion juga adalah salah satu model bisnis abadi yang meski terus berganti dari waktu ke waktu tren modelnya tapi tak akan sepi peminat. Banyak anak muda telah sukses mereguk omzet dari skema bisnis ini.

  • Bisnis Ikan Hias dan Binatang Peliharaan

Dari hobi bisa jadi bisnis, demikian adalah nasib yang dialami para hobi binatang peliharaan. Beberapa sukses bahkan hingga punya jaringan pemasaran ke mancanegara.

Jangan Takut untuk Memulai

Bisnis adalah bagian dari eksistensi diri. Terutama bagi anak muda, bila menemukan pola bisnis yang sesuai dengan gairah, minat dan bakatnya, bahkan tak jarang bisa berubah menjadi sebuah peluang kerja yang maksimal. Intinya seperti kata seorang pebisnis kawakan, rahasia sukses bisnis berawal dari keberanian menjalankan bisnis itu sendiri.

Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Ditiru

Meraih kesuksesan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Agar seseorang bisa sukses, ia harus melewati berbagai tantangan dan proses yang tidak sebentar. Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan mudah. Kedisiplinan dan kebiasaan memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Bahkan mulai dari kebiasaan terkecil yang seringkali diabaikan orang. Setiap usaha kita, sekecil apapun itu memberikan dampak pada tingkat kesuksesanmu.

Seorang penulis, Thomas Corley mengadakan penelitian tentang kebiasaan sehari-hari dari orang kaya dan orang miskin. Berdasarkan 233 responden dari orang kaya dan 128 dari orang miskin, ia akhirnya menemukan 6 kebiasaan orang sukses yang dilakukan setiap hari. Jadi, jika kamu mau sukses, ayo simak dan tiru kebiasaan ini:

Bangun 3 Jam sebelum Jam Kerja

Bangun Tidur

Saat hari masih sangat pagi, orang sukses sudah bangun dan mulai bersiap-siap untuk menyambut hari baru. Berdasarkan penelitian, 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai. Hal ini dilakukan agar mereka dapat memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap dan menenangkan diri sehingga dapat memulai kerja dengan kondisi yang tenang. Selain itu dengan bangun lebih pagi, kesempatan yang bisa mereka dapatkan lebih banyak karena waktunya juga lebih banyak.

Kebiasaan ini sangat harus kamu tiru jika kamu ingin sukses. Dengan bangun pagi, kamu akan menikmati banyak keuntungan. Kamu jadi tidak terburu-buru untuk bersiap-siap dan perjalanan ke kantor bisa dilakukan dengan santai. Lalu kamu juga bisa memperluas wawasanmu dengan memakai waktu tersebut untuk membaca berita. Ayo semangat bangun pagi!

Memiliki Target Harian

Target harian

Orang yang sukses tidak memikirkan berapa lama ia harus bekerja hari ini, atau memikirkan kapan liburan tiba. Setiap harinya, sebelum hari dimulai, orang sukses sudah banyak berpikir tentang bagaimana cara membuat harinya produktif atau bagaimana cara menyelesaikan semua pekerjaan yang menantinya hari ini. Semua hal yang harus dilakukannya hari ini sudah diatur dengan jelas pada hari sebelumnya, jadi mereka tinggal menyesuaikan saja.

Membuat target harian harus kamu lakukan supaya kamu jadi termotivasi untuk bekerja. Karena dengan memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuanmu hari ini.

Tidak Pernah Berhenti Belajar

Tidak pernah berhenti belajar

Ciri-ciri orang sukses yang paling terlihat adalah keinginannya untuk selalu belajar. Belajar disini tidak dalam bentuk sekolah, tetapi proses pembelajaran bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dari siapa saja. Hal baru selalu tersedia di segala tempat, itulah yang mendorong orang sukses untuk terus belajar.

Semakin sering kamu belajar, maka kamu akan semakin pintar dan wawasan semakin luas. Dengan memiliki wawasan yang luas, kamu bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal loh. Jadi saat kesempatan itu datang, kamu bisa segera mengambilnya karena kamu memiliki wawasan tentang hal itu.

Menambah Jaringan Pertemanan

Menambah jaringan pertemanan

Kebiasaan yang satu ini seringkali dianggap tidak penting dan hanya membuang waktu saja, namun sebenarnya dengan menambah jaringan pertemanan, maka kesempatan untuk meraih sukses semakin besar. Kebanyakan orang cenderung melakukan bisnis dengan orang yang dipercaya.

Dengan membangun relasi yang baik dengan orang lain, maka tingkat kepercayaan orang terhadap kamu akan semakin tinggi, jadi kemungkinan kamu untuk sukses semakin besar. Hal inilah yang dilakukan oleh para orang sukses. Mereka mau meluangkan waktu mereka untuk menambah dan menjaga relasi baik dengan orang lain karena mereka paham tentang betapa besarnya pengaruh teman dalam kesuksesan.

Bergaya Hidup Sehat

olahraga

Kesehatan memiliki dampak yang secara tidak langsung berpengaruh pada kesuksesan. Dengan tubuh yang sehat, maka pikiran lebih tenang sehingga banyak ide yang bisa membuat kamu mampu meraih kesuksesanmu. Selain itu dengan menjalani gaya hidup yang sehat, kamu akan lebih jarang sakit, sehingga kamu bisa lebih produktif dalam bekerja.

Orang yang sukses akan pergi berolahraga setelah pulang kerja. Mereka akan pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga dan juga menambah jaringan pertemanan. Tidak hanya itu, gaya hidup sehatnya juga dilakukan dengan menjaga pola makan. Bahkan dalam hal ini saja, mereka disiplin. Apakah kamu sudah disiplin hidup sehat?

Lebih Banyak Membaca Daripada Nonton TV

membaca buku

Proses pembelajaran yang paling populer adalah dengan membaca, karena saat membaca, otak mengulang apa yang kita baca sehingga informasi akan lebih mudah diingat. Tidak heran bahwa mambaca menjadi salah satu cara untuk menambah wawasanmu.

Sebenarnya dengan menonton TV, kamu juga bisa mempelajari sesuatu, tetapi orang cenderung mencari tontonan yang berupa hiburan dan TV sering menayangkan program yang tidak mendidik sehingga menonton TV malah membuang waktumu.

Kesuksesan Datang dari Diri Sendiri

Setelah kamu menerapkan 6 kebiasaan di atas, itu tidak menjamin bahwa kamu pasti akan sukses, tetapi dengan menerapkannya, kesempatan kamu untuk menjadi sukses semakin besar. Sukses atau tidaknya dirimu tidak ditentukan oleh apa yang dilakukan orang lain atau keadaan sekitar, tetapi semua itu ditentukan oleh dirimu sendiri. Jika kamu siap melakukan yang terbaik dan selalu berfokus pada tujuanmu, niscaya kesuksesan menantimu.

Gapai Kesuksesan dengan Membangun 12 Kebiasaan Profesional ini

Anda tentu ingin mengetahui cara menjadi orang sukses, kan? Kejar kesuksesan Anda di tahun 2018 ini dengan memiliki 12 kebiasaan profesional.

Buktikan sendiri cara ampuh menjadi orang sukses melalui pembahasan rubrik berikut ini. Selamat membaca!

Kebiasaan Anda Menentukan Kesuksesan Masa Depan Anda

Sebuah peribahasa mengatakan:

“Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit!”

 

Peribahasa ini sudah diajarkan semenjak kita kecil, jika ingin meraih keberhasilan, tentu kita harus melakukan berbagai hal dari yang kecil dengan setia dan terus menerus.

Jika hanya melakukannya sekali atau dua kali saja, mungkin terasa mudah.

Tetapi jika kita melakukannya terus menerus, tentu ada rasa jenuh dan bosan yang akan dirasakan.

Itulah kenapa musuh terbesar sesungguhnya adalah diri kita sendiri.

Bagaimana kita melawan rasa malas, bosan dan jenuh untuk mengejar kesuksesan yang ada di depan mata?

Berikut ini ada 12 kebiasaan profesional yang dimiliki orang-orang sukses.

# Kelompokkan Tugas yang Sama

Apapun pekerjaan Anda, bahkan jika Anda seorang ibu rumah tangga sekalipun atau anak kuliahan, mengelompokkan tugas yang sama akan membuat waktu dan tenaga Anda lebih efisien untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Mari ambil contoh bahwa Anda adalah seorang mahasiswa. Anggap saja Anda memiliki beberapa tugas yang harus Anda lakukan hari ini sebagai berikut:

  1. Membayar biaya administrasi kuliah di ATM kampus di lantai 1
  2. Menjilid buku kuliah di seberang kampus
  3. Mencari buku referensi di perpustakaan kampus di lantai 3
  4. Menyerahkan tugas kepada dosen di lantai 1

Dengan beberapa tugas di atas, kemungkinan terbaik yang bisa diambil adalah, Anda menjilid buku terlebih dahulu.

Karena membutuhkan waktu cukup lama untuk menjilid, Anda bisa meninggalkan buku Anda selama proses penjilidan untuk melakukan tugas lainnya, seperti membayar biaya administrasi kuliah di ATM kampus di lantai 1.

Kemudian, Anda juga bisa menyerahkan tugas kepada dosen di lantai yang sama dan yang terakhir adalah mencari buku referensi di perpustakaan kampus yang berada di lantai 3.

12-Kebiasaan-Profesional-agar-Sukses-02-Finansialku

Anda tentu tidak akan melakukan poin nomor 3 yaitu mencari buku referensi di perpustakaan yang terletak di lantai 3, kemudian kembali ke lantai 1 untuk menyerahkan tugas kepada dosen, ‘kan?

Mengapa demikian? Karena dengan begitu waktu dan tenaga Anda menjadi tidak efisien.

Namun, bisa saja hal itu terjadi jika sang dosen memang belum bisa ditemui pada waktu tersebut, sehingga Anda bisa mengambil waktu untuk pergi ke perpustakaan sambil menunggu waktu bertemu dengan dosen yang bersangkutan untuk menyerahkan tugas.

Apapun jenis pekerjaan Anda, gunakan pengelompokkan tugas dan pikirkan terlebih dahulu timing atau pengaturan waktunya agar waktu dan tenaga Anda bisa tersalurkan lebih efektif untuk setiap tugas yang akan Anda lakukan.

# Buang Keraguan Diri

Tidak ada yang menghentikan Anda selain keraguan yang ada dalam diri Anda sendiri.

Kenali potensi diri Anda dengan saksama, dan jika Anda sudah yakin dengan apa yang Anda miliki, melangkahlah dengan pasti tanpa keraguan.

Apakah terbesit gambaran kegagalan dalam benak Anda saat ingin melangkah?

Perasaan akan kegagalan memang pasti akan menghantui, tapi gagal itu adalah hal biasa.

Jika Anda mengalami kegagalan, biarkan rasa gagal mengajari Anda untuk semakin berhati-hati di kemudian hari.

Orang yang gampang terombang-ambing, tidak akan mendapatkan apa-apa. Jika Anda ragu, Anda akan tertinggal. Oleh karena itu, biasakan diri Anda untuk yakin dengan setiap keputusan Anda.

Tak perlu khawatir jika ternyata keputusan Anda berujung pada kesalahan. Anda masih bisa memperbaikinya.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Yang bisa kita lakukan sebagai manusia hanyalah usaha dan perjuangan untuk mencapai kesuksesan.

# Hindari Sikap Perfeksionis

Seperti yang sudah dikatakan di atas, tidak ada yang sempuna di dunia ini.

Jika Anda menunggu untuk sesuatu yang sempurna, Anda tidak akan pernah mendapatkannya.

Anda hanya akan membuang-buang waktu yang berharga dalam sebuah penantian tiada akhir.

Mulailah melangkah bila Anda merasa mampu untuk melakukannya.

Akan selalu ada kesempatan untuk tumbuh, belajar, dan berkembang.

Kebiasaan-Orang-Sukses-02-Pesimis-Finansialku

# Miliki Profil LinkedIn

Jika Anda sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan pengalaman Anda, manfaatkan akun LinkedIn yang akan mengantarkan Anda pada para calon pemberi kerja yang sedang mencari para pegawai sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan.

Tak perlu khawatir jika Anda masih fresh graduate dan terbilang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Buat profil Anda semenarik mungkin untuk bisa meyakinkan para pencari karyawan tentang kualitas Anda sebagai seorang yang profesional dengan berbagai kemampuan yang Anda miliki.

Gunakan cara kreatif dalam membuat profil LinkedIn yang telah dipaparkan diartikel Finansialku berikut ini.

Jika Anda membutuhkan template CV yang menarik dan profesional untuk melamar pekerjaan, download template CV unik dari Finansialku. Dijamin, Anda segera dipanggil untuk wawancara!

# Cintai Pekerjaan Anda

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu motivasi kerja karyawan adalah untuk mendapatkan uang sehingga bisa menghidupi kebutuhan diri sendiri dan juga keluarga.

Namun ada juga orang yang memiliki motivasi lain dalam bekerja, misalnya bekerja karena passion, dan masih banyak lagi alasan lain.

Setiap orang memiliki motivasi kerja masing-masing. Apakah motivasi kerja Anda?

Temukan motivasi kerja Anda melalui salah satu artikel Finansialku ini: Kenali 7 Jenis Motivasi Kerja Karyawan. Nomor berapakah motivasi kerja Anda?

Dengan mengenali motivasi Anda dalam bekerja, tentu akan membangkitkan semangat kerja Anda dan memberikan hasil yang memuaskan.

Selain itu, dengan mencintai apa yang kerjakan, Anda akan lebih mendapatkan hasil yang semakin maksimal.

# Fokus pada 3 Pekerjaan Setiap Harinya

Mungkin Anda pernah mengalami bahwa waktu 24 jam sehari rasanya tidak cukup dan pekerjaan Anda sepertinya masih menumpuk.

Anda tidak butuh waktu lebih dalam sehari, kok. Tapi Anda membutuhkan manajemen waktu yang lebih teratur.

Untuk mengefektifkan waktu dan tenaga bahkan uang, Anda bisa memfokuskan diri hanya pada 3 pekerjaan setiap harinya.

Buat timeline atau rentang waktu penyelesaian setiap tugas yang harus Anda kerjakan setiap harinya.

Menghemat-Uang-di-Bulan-Januari-01-Finansialku

Jika memang pekerjaan itu tidak bisa beres dalam waktu sehari, Anda harus mencatat progress setiap harinya.

Harus sejauh mana perkembangan dari tugas yang Anda lakukan. Dengan demikian, Anda akan semakin terarah untuk setiap tugas dan tanggung jawab tersebut.

Jangan buat diri Anda stres dengan deadline pekerjaan Anda. Tapi buat perencanaan kerja yang efektif dan cicil pekerjaan Anda agar Anda tidak frustrasi ketika deadline sudah dekat.

Anda bisa manfaatkan to do list atau daftar kerja harian. Tandai untuk pekerjaan yang sudah Anda bereskan atau sedang dalam proses penyelesaian.

# Buat Privasi Akun Media Sosial

Ketika Anda melamar pekerjaan, atau sedang dalam tahap memasukkan proposal kerjasama dengan sebuah perusahaan, calon kolega Anda tentu ingin mengetahui kepribadian Anda lebih jauh.

Tak jarang mereka bisa mengecek akun media sosial Anda seperti Instagram atau Facebook.

Tentu Anda tidak ingin gagal menjalin relasi dengan calon kolega Anda hanya karena foto pribadi yang tidak seharusnya Anda pampang dan menjadi konsumsi publik melalui akun media sosial Anda, bukan?

# Jaga Hubungan Baik Dengan Relasi

Orang sukses tak jauh daripada relasi yang ada di sekitarnya.

Tak jarang teman semasa kecil bisa jadi rekan kerja atau kolega bisnis di kemudian hari.

Jalinlah hubungan baik dengan semua orang. Tetap miliki komunikasi dengan teman-teman sekolah Anda.

Trik Jadi Pemimpin yang Baik, Disegani dan Disukai Karyawan 02 - Finansialku

Sekadar menyapa “Happy Monday.” atau mengucapkan selamat ulang tahun bisa jadi kesempatan yang baik untuk menjaga relasi Anda dengan mereka.

Jika Anda merasa memiliki “musuh”, ingatlah bahwa seribu teman tidaklah cukup dan 1 musuh sudah terlalu banyak.

# Ingat 3 Kata Ajaib

Tahukah Anda 3 kata ajaib yang juga perlu Anda mliiki untuk meraih kesuksesan?

Tolong!

Maaf!

Terima kasih!

Kesopanan dan tata perilaku menjadi salah satu soft skill yang perlu dimiliki setiap orang sukses.

Tentu Anda sudah tahu bagaimana caranya menggunakan ketiga kata ajaib tersebut di atas bukan?

Yang perlu Anda tambahkan hanyalah ketulusan hati saat anda mengatakannya.

# Miliki Mentor

Memiliki relasi sosial dapat mengajari kita banyak hal, di samping buku yang merupakan jendela bagi setiap pengetahuan.

Melalui orang lain, kita bisa belajar dari pengetahuan dan juga pengalaman yang pernah mereka alami, entah itu pengalaman keberhasilan hingga pengalaman akan kegagalan.

Memiliki mentor sangatlah dianjurkan dalam meraih kesuksesan.

Mentor bisa saja adalah seorang yang Anda kagumi atau figure dari sebuah kesuksesan yang ingin Anda raih.

Kelilingi diri Anda dengan komunitas yang membangun.

# Biasakan Diri On Time

Tidak ada yang suka dengan keterlambatan.

Jangan biarkan kolega Anda menunggu saat Anda sedang memiliki jadwal pertemuan dengan mereka.

Salah satu ciri orang yang menghargai orang lain adalah dengan tidak membuat mereka menunggu saat sedang memiliki jadwal pertemuan.

Perbedaan Orang Sibuk dan Orang Produktif Melihat Waktu Finansialku

Datanglah lebih awal sebelum sebuah jadwal pertemuan yang telah Anda sepakati sebelumnya.

Pernahkah Anda menunggu? Jika Anda bosan dalam menunggu, jangan biarkan Anda melakukan yang sama terhadap orang lain.

Atur waktu Anda dengan disiplin agar menghindari keterlambatan!

# Jawab Panggilan Tak Terjawab

Mungkin Anda adalah orang sibuk dengan jadwal yang cukup padat.

Sempatkan waktu di malam hari jika Anda panggilan tak terjawab di layar telepon Anda.

Siapa tahu itu adalah orang penting yang akan memberikan kesempatan atau peluang emas pada karier masa depan Anda.

Benahi Diri Anda dan Bersiap untuk Sukses

Benahi diri Anda dengan mengubah kebiasaan buruk Anda dan mengaplikasikan 12 kebiasaan profesional di atas.

Dijamin, kesuksesan akan menghampiri orang-orang yang mentalnya sudah siap untuk sukses!

Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al Qur’an dan Penjelasannya

Seringkali kita mendengar kata sukses dalam kehidupan sehari hari. yang terfikirkan dalam benak kita ialah sukses itu berhasil dalam segala hal, terutama dalam masalah karir atau keuangan. Idealnya sukses itu bisa mencapai apa saja yang kita inginkan. Dalam islam, sukses juga memiliki arti tersendiri. Bedanya ialah sukses dalam islam bukan hanya berhubungan dengan hal duniawi saja seperti yang sebagian besar orang fikirkan selama ini.

Sukses dalam islam mencakup hal yang luas, mulai dari pekerjaan atau keuangan juga hingga mampu menjadi orang yang bermanfaat dan membantu orang lain, sukses dalam hal mengendalikan hawa nafsu diri sendiri dan mampu menjalankan segala perintah Nya, serta sukses ketika telah melewati berbagai ujian dan mampu menjadi manusia yang lebih tinggi derajatnya.

Sejatinya, sukses menurut islam adalah kebahagiaan yang kekal, yaitu kebahagiaan di dunia juga di akherat. Kita sebagai manusia tentu selalu punya harapan untuk menjadi orang sukses, entah itu dalam urusan dunia atau akherat. Islam mempunyai cara agar kita menjadi orang sukses. Dalam artikel kali ini saya bagikan 17 cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an. Cara ini bukan hanya untuk menjadi orang sukses di mata manusia, tetapi juga di mata Allah, Rabb kita. Langsung saja yuk kita simak bersama,

# Mulai dengan Ilmu

Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an ialah dengan memiliki ilmu. Dengan ilmu, seseorang akan menjadi orang sukses yang mampu memanfaatkannya untuk kebaikan dan hal yang bermanfaat. Jika ingin sukses, maka yang harus dilakukan pertama kali ialah dengan menuntut ilmu. “Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS Al Alaq : 5). keutamaan berilmu dalam islam akan menuntu pada kesuksesan.

# Berubah dari Diri Sendiri

Agar dapat mencapai kesuksesan harus diawali dengan mengubah diri sendiri terlebih dahulu, mengubah kebiasaan buruk menjadi semangat. “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah keadaan yang ada pada dirinya”. (QS Ar Rad : 11).

# Berdoa

Usaha tidak akan lengkap tanpa disertai doa. Doa merupakan sebuah wujud bahwa kita melibatkan Allah dalam setiap harapan “Maka bermohonlah kepada Ku”. (QS Al Baqarah : 186). Dengan menjalankan doa pembuka rezeki dari segala penjuru akan menjadi salah satu jalan untuk meraih kesukesan.

# Sedekah

Perumpamaan orang yang menafahkan hartanya di jalan Allah (sedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia Nya lagi maha Mengetahui”. (QS Al Baqarah : 261). Sedekah tidak akan mengubah seseorang menjadi miskin. Sedekah akan membuat jalan rejeki menjadi lebih lapang sehingga segala usaha mendapat kemudahan dari Allah.

# Bersyukur

Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an salah satunya dengan jalan rajin bersyukur, bersyukur akan memberikan perasaan bahwa kita adalah hamba Allah yang beruntung sehingga menjadi lebih bersemangat dalam menjalani langkah langkah menuju kesuksesan serta terhindar dari putus asa. “Jika kamu bersyukur akan Ku tambah nikmat untukmu”. (QS Ibrahim : 7). keutamaan bersyukur dalam islam akan mendapat jalan untuk menjadi orang yang di ridhoi Allah dalam usahanya menggapai suskes.

# Bertaqwa

Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan rezeki dari arah yang tidak disangka sangka”. (QS Ath Thalaaq : 2). Taqwa juga berperan penting dalam kesuksesa, orang yang bertaqwa akan mendapat kasih sayang dari Allah sehingga segala kesulitan yang dialaminya akan mendapat pertolongan dari jalan yang tidak disangkanya.

# Niatkan karena Allah

Barangsiapa mengerjakan amal saleh dalam keadaan beriman, maka Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik dan pahala jauh lebih baik dari apa yang mereke kerjakan”. (QS An Nahl : 97). Niatkan kesuksesan yang dikejar untuk mendapat ridho Allah di dunia dan di akherat, jangan mengejar suskes semata karena ingin dipuji atau karena duniawi.

# Amanah

Lakukan segala usaha dengan jujur, jangan tergoda dengan jalan yang slaah, seperti membeli jabatan agar cepat sukses. Miliki segala sesuatu dengan jalan yang benar dan jadilan orang yang amanah. “Sesungguhnya harta dan anak anak mu hanyalah cobaan bagimu”. (QS At Taghabun : 15).

# Jangan Menuruti Hawa Nafsu

“Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan”. (QS Al Fajr : 20). Sukses memang impian setiap orang, tetapi jangan hanya mengejar sukses dalam hal duniawi, jangan mencintai harta atau hal duniawi berlebihan, sebab segala yang dimiliki hamba Allah hanyalah titipan yang sewaktu waktu dapat diambil oleh Nya.

# Hindari yang Haram

Mereka itu adalah orang yang suka mendengar berita bohong dan memakan yang haram” (QS Al Maidah : 42). Hindari langkah yang curang misalnya membeli ijazah palsu agar dapat menggunakannya untuk naik pangkat. Keberkahan berpengaruh dari halal dan haram cara yang dilakukan.

# Ikhlas

Barang siapa menjadikan akherat sebagai tujuannya maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya”. (HR At Tirmidzi). Kejar sukses dengan niat yang ikhlas karena Allah dan dengan niat menggunakan kesuksesan tersebut di jalan Allah. Tentu saja bukan niat yang hanya berhubungan dengan duniawi seperti harta, jabatan, dan lain lain tetapi juga mengahrap sukses di akherat sebab merupakan salah satu keutamaan ikhlas dalam islam.

Sukses dalam islam wajib diikuti dengan rasa ikhlas dalam menjalani tiap prosesnya dengan sungguh dan ebrharap ridho Allah. Hasil dari setiap usaha bergantung dari keikhlasan dalam hati. Jika suatu hal dilakukan dengan ikhlas, tentu hasilnya akan lebih baik dan lebih berkah.

# Istiqomah

Istiqomah artinya tekun atau terus menerus dan tidak berkurang. Lakukan usaha dengan istiqomah agar mendapat kelapangan dari Allah sebab orang yang bersungguh sungguh pasti akan mendapatkan hal yang diinginkan. “Jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (islam) benar benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak)”. (QS Al Jinn : 16).

# Sabar

Setiap orang yang sukses pasti pernah menjalani berbagai tahap dengan berbagai ujian, cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an adalah dengan sabar ketika mendapat kesulitan atau rintangan dalam usaha. Wajib percaya pada Allah bahwa sabar akan menjadikan jalan kesuksesan untuknya. “Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar, yaitu yang ketika ditimpa musibah mereka mengucapkan : sungguh kita semua ini milik Allah dan sungguh kepada Nya lah kita kembali”(QS Al Baqarah : 155-156).

# Tidak Putus Asa

Orang yang sukses tidak menyerah ketika menghadapi tantangan, hal tersebut justru menjadi dorongan untuk menjadi lebih giat lagi dalam berusaha. Orang yang putus asa artinya tidak percaya pada rahmat Allah. “Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus dari rahmat Allah melainkan orang orang yang kufur” (QS Yusuf : 87)

# Memiliki Keberanian

Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya”. (QS Al Baqarah : 286). Jika sedang mencapai kesuksesan dan mendapat rintangan dalam prosesnya, cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an adalah dengan menyerahkan semuanya kepada Allah disertai usaha dan doa yang maksimal. Sebab Allah yang paling memahami kemampuan hamba Nya dimana Allah tidak akan memberi ujian di luar kemampuannya.

# Percaya Allah Maha Penolong

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”. (QS Al Insyiroh : 5). Jika kita membaca kisah kisah orang sukses, tentu akan menemui masa dimana ada kesulitan yang dialami orang tersebut. Umumnya kesuksesan atau tahap yang lebih tinggi akan didapatkan setelah berhasil melewati kesulitan tersebut.

Begitu juga dengan hamba Allah lainnya, ketika kita sedang berusaha meraih kesuksesan atau impian dan menemui hambatan, ketahuilah bahwa hal tersebut bukan hanya dialami oleh kita, mungkin banyak orang yang mendapatkan ujian lebih berat tetapi sanggup melewatinya. Maka kita wajib berfikir demikian bahwa Allah selalu memberi jalan di tiap ujian.

# Jangan Sombong

Ketika sudah berhasil mencapai tahap tertentu dalam langkah menuju sukses dan terasa impian sudah berada dekat di depan mata, tidak diperbolehkan merasa sombong dan melupakan Allah. Banyak orang yang lalai ketika diuji dengan kesenangan. “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan sombong”. (QS Al Isra : 37).

Biasanya orang akan merasa bahwa dirinya bisa mencapai tahap tersebut sebba dari kerja keras dan usaha dirinya sendiri, tidak ada peran dari Allahs sedikitpun. Hal inilah yang dapat menjadi penghalang kesuksesan. Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an adalah dengan senantiasa rendah hati. Jauhi sombong dan tetap meningkatkan kualitas diri sehingga sukses akan datang menghampiri.

Dengan menerapkan cara cara sukses menurut Al Qur’an ini, InsyaAllah kita akan menjadi orang yang sukses serta mendapat kebahagiaan dan ketenangan. Demikian artikel kali ini, semoga kita menjadi orang yang sukses di dunia dan akherat. Terima kasih sudah membaca semoga bermanfaat untuk anda semua.

Kebiasaan Orang Sukses itu Ternyata Cuma 10 Aja.

Apabila seseorang berhasil memasak makanan dengan enak pasti Anda meminta resep agar bisa memasaknya sendiri. Termasuk orang-orang sukses dunia yang banyak dipertanyakan, apa kiat dan tipsnya hingga mereka bisa kaya dan sukses seperti sekarang ini.

Mungkin salah satunya Anda yang ingin tahu, berikut 10 cara yang biasa dilakukan orang sukses dan kaya hingga berhasil seperti sekarang seperti dikutip dari Cermati.com:

# Perasaan Tidak Pernah Puas

Banyak orang sukses mengatakan jangan cepat merasa puas, karena dengan begitu anda akan diam ditempat dan tidak akan bisa berkembang.

Mereka yang ingin sukses mencoba berkarir meskipun risiko yang dihadapi tinggi. Rasa tidak puas akan kondisi yang ada mendorong mereka untuk mengerjakan dan berusaha lebih baik lagi.

Berbeda dengan tidak mensyukuri, mereka yang tidak mensyukuri hanya bisa mengeluh dan tidak bisa melihat proses dari usaha sendiri. Sedangkan rasa tidak puas yang positif bisa membawa anda ke puncak kesuksesan

# Laporan Keuangan Sangat Penting

Banyak orang yang mengabaikan betapa pentingnya laporan dan data dalam keuangan. Padahal dengan adanya hal tersebut Anda bisa mengevaluasi seberapa jauh keberhasilan Anda dalam meraih pendapatan dan bagaimana uang habis dengan kebutuhan atau keinginan.

Mereka yang sukses selalu mengevaluasi diri lewat laporan, meskipun hal tersebut bernominal kecil. Tetapi kebiasaan dan juga hal detail dan jujur pada diri sendiri merupakan kunci utama menjadi sukses

# Yang Ingin Diraih Bukan Hanya Uang

Salah jika banyak orang yang merasa bahwa sukses hanya masalah uang. Jika itu hanya uang maka anda bekerja saja menjadi karyawan di perusahaan besar dan jadi bos, bukan yang menemukan perusahaan dan membuka lapangan kerja.

Menjadi sukses tidak hanya sekedar uang, namun usaha yang terbayar, keinginan yang tercapai dan tantangan hidup yang bisa ditaklukan.

# Tanggung Jawab Menjadi Senjata

Orang yang sukses selalu bertanggung jawab atas hidupnya sendiri agar lebih baik bahkan mereka yang menjadi kepala keluarga. Maka mereka bertanggung jawab atas keluarganya dan mencoba sukses.

Jangan kebiasaan mengalihkan tanggung jawab pada para ahli, maka anda hanya bisa menyuruh tanpa bisa belajar dan mencoba menjadi mandiri.

Orang sukses mengerjakan hal-hal yang masih bisa dikerjakan secara mandiri. Tidak melulu soal menyuruh orang ahli mengerjakannya. Namun pelajaran lebih berharga jika diraih sendiri.

# Risiko Bukan Masalah

Tidak harus jadi pintar saja untuk menjadi sukses. Mereka yang nekat dan berani mengambil risiko yang bisa menaiki puncak kesuksesan.

Seperti halnya menaiki tangga, meski harus menapaki anak tangga yang rapuh dan patah namun yang beranilah yang bisa mencapai puncak teratas. Analogi ini diterapkan banyak orang sukses yang tidak takut pada apapun dan membawa kesuksesan.

# Mereka Bijak dan Paham Batas

Orang yang berhasil menjadi sukses tahu dimana kebijakan diterapkan dan batasan dalam mengelola keuangan. Mungkin bagi yang tidak mengerti orang sukses terlihat pelit, atau apapun itu. Namun mereka tahu batasan dan tahu sejauh mana menggunakan uang dan mengelola keuangan.

Hal ini yang membawa keberhasilan. Karena menerapkan disiplin pada diri sendiri merupakan masalah terbesar orang gagal.

# Mereka Tahu Bagaimana Mengelola

Orang yang sukses tahu bagaimana mengelola keuangan, mereka tahu sejauh mana harus mengorbankan uang untuk keinginan dan juga kebutuhan.

Tidak selalu mereka membuang uang untuk bisnis atau pekerjaan, mereka juga mengelolanya untuk bersenang-senang dan menyenangkan keluarga dan anak. Tetapi mereka tahu seberapa banyak dari pendapatannya yang harus dihabiskan baik untuk kebutuhan dan keinginan.

# Tidak Terpaku pada Nominal

Untuk orang sukses nominal memang penting, tetapi terkadang mereka tidak terlalu terpaku pada nominal. Diibaratkan Anda ingin membeli sebuah saham yang mahal, namun menurut analisa Anda akan berkembang pesat maka tidak masalah membelinya. Namun Anda juga harus melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya.

# Menghamburkan Uang ? No!

Menurut anda orang sukses akan menghamburkan uang ? Tidak. Mungkin pihak keluarga, saudara atau bahkan sang istri atau suami lah yang menghamburkannya bukan orang yang meraih kesuksesan.

Mereka yang mengerti bagaimana menabung, mengelola uang dan menyalurkan uang pada tempat yang benarlah yang berhasil sukses. Mungkin orang kaya bisa menjadi kaya namun belum tentu menjadi sukses, jika mereka boros dan menghamburkan uang.

# Pemikiran yang Matang

Cerdas saja tidak cukup jika mereka cukup ceroboh. Mereka yang sukses tentu saja memiliki pemikiran yang matang dan juga analisa yang baik.

Bukan mengejar uang secara brutal seperti anjing gila. Terencana dan teratur membuat anda menjadi lebih sukses dibanding terburu-buru.

Kiat Menjadi Pengusaha Muslim Sejati

Berdagang pada dasarnya merupakan salah satu pekerjaan yang sangat mulia, bahkan Nabi Shalallaahu alaihi wasalam dan sebagian shahabat beliau adalah para pedagang profesional. Namun di sisi lain Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam juga memperingatkan kita semua, bahwa tempat terburuk yang dibenci Allah adalah pasar.

Tentu bukanlah pasarnya yang salah, namun penghuninya, penjual dan pembelinya. Berapa banyak pedagang yang sibuk dengan dagangannya sehingga meninggalkan shalat dan dzikrullah, berapa banyak kecurangan, penipuan, riba dan berbagai kejahatan terjadi di pasar. Dan tentunya masih banyak lagi pola dan sistim pasar yang bertabrakan dengan syariat dipraktekkan di sana, yang penting dapat uang bagaimanapun caranya.

Dalam tulisan ini, akan kami ketengahkan beberapa kiat menjadi seorang pedagang muslim sejati, yang senantiasa memperhatikan norma dan hukum dalam berdagang. Semoga bermanfaat, bukan untuk mereka yang menggeluti dunia dagang saja, namun untuk kaum muslimin semua.

Kenalilah Dunia

Dunia -sebagaimana namanya- adalah sesuatu yang hina dan kecil dihadapan Allah Subhannahu wa Ta’ala, sebagaimana disabdakan Nabi Shalallaahu alaihi wasalam,
Artinya, “Dunia ini terlaknat, terlaknat juga apa yang ada di dalam-nya, kecuali dzikrullah dan segala yang mendukungnya, serta orang yang belajar ilmu dan mengajarkannya.” (HR. At Tirmidzi dan berkata, “Hadits Hasan Shahih”).

Dunia, dengan segala isinya, kekayaan alamnya, keindahannya, hartanya, pencakar langit dan istana-nya, mobil-mobil, barang dagangan, gunung, laut, bahkan langit dan bumi-nya tidaklah sebanding dengan sayap nyamuk di hadapan Allah.

Oleh karena itu mencurahkan perhatian secara total dan sepenuhnya untuk dunia adalah kesalahan yang fatal. Seorang mukmin janganlah berbangga-bangga dengan dunia yang diperoleh dan jangan berduka tatkala kehilangannya.

Dunia, sebagaimana diberitahukan oleh Nabi Shalallaahu alaihi wasalam adalah penjara bagi orang mukmin dan sorganya orang kafir. Orang mukmin di dunia ibarat sedang dipenjara, menjalankan berbagai ketaatan dan ibadah, mengekang dari segala hal yang haram yang hawa nafsu selalu condong kepadanya. Sedangkan orang kafir menganggap hidup di dunia ibarat di sorga, ia turuti segala kemauannya, bersenang-senang, makan enak dan kenyang, tak peduli halal haram, segala cara ditempuh untuk mendapatkan kesenangan.

Orang mukmin selalu ingat bahwa mereka diciptakan di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah, sedangkan orang kafir berpandangan bahwa hidup didunia adalah untuk bersenang-senang saja.

Sungguh mengerikan kalau kita menyadari bahwa kelak kita akan ditanya tentang harta yang kita dapatkan di dunia, dari mana kita peroleh dan ke mana kita belanjakan? Siapkah kita mempertanggung jawab-kan setiap rupiah yang masuk ke kantong kita, setiap suap yang masuk ke dalam perut kita? Sudahkah kita punya jawabannya?

Dunia itu Terbatas

Semua yang kita miliki pasti akan kita tinggalkan, entah hari ini atau besok. Kalau seseorang telah mengumpulkan harta yang begitu banyak dengan cara yang haram atau menumpuknya tanpa mau membelanjakan untuk kebaikan, maka sungguh keru-gian besar atasnya.

Dia capek-capek bekerja, namun ahli waris yang menikmatinya, mereka bergembira dengan harta itu sedangkan dia menderita dengan siksa, mereka tak berperang, namun menikmati harta rampasan. Barulah ketika itu timbul rasa sesal, “Wahai andaikan aku mempersiapkan diri ketika hidup di dunia, andaikan aku berkerja dengan cara yang halal dan mubah, andaikan dulu sebagian hartaku ku gunakan untuk menyantuni anak yatim dan fakir miskin, untuk mem-bantu dakwah, membangun masjid, madrasah, andaikan…dan andaikan ini dan itu. Namun hari itu dia hanya bisa gigit jari, menyesali segala perbuatan-nya ketika masih hidup di dunia, ingin rasanya kembali ke dunia tapi …
(Demikianlah keadaan orang- orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguh-nya itu adalah perkataan yang diucap-kan saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibang-kitan.” (QS. 23: 99-100)

Mumpung Masih Ada Kesempatan

Bersyukur, itulah yang layak kita lakukan karena Allah masih memberi-kan kesempatan kepada kita untuk memperbaiki diri. Membuka lembaran baru yang lebih baik dan terang, memperlurus seluruh langkah kehi-dupan. Dan yang penting mengapli-kasikan syukur itu dengan melakukan segala yang diridhai Allah, termasuk menjauhi penghasilan yang haram dan berdagang dengan cara yang dilarang Allah. Beruntung kita ketika dapat memposisikan diri sebagai orang yang telah mati lalu kita memohon kepada Allah untuk dikembalikan ke dunia dan permohonan kita dikabulkan. Maka apakah kita akan mengulangai seluruh dosa yang kita lakukan ? Apakah tidak selayaknya kita merubah jalan hidup dan perilaku salah kita? Jangan lagi perdagangan melalaikan kita dari ibadah, dzikir dan bersyukur kepada Allah, jangan lagi mengkhianati amanat Allah, dan jangan sampai meninggal-kan tanggung jawab sebagai seorang hamba.

Belajar Dulu Sebelum Berdagang

Seorang yang akan terjun ke dunia dagang maka “wajib ain” atasnya mempelajari fikih perdagangan dan muamalah. Sebab tidak diragukan lagi, bahwa orang yang tidak belajar masalah tersebut kemudian terjun ke dunia dagang dan bisnis, maka sangat mungkin akan terjerumus ke dalam keharaman.

Ali bin Abi Thalib Radhiallaahu anhu berkata, “Seorang pedagang jika tidak mengetahui hukum, maka akan terjerumus ke dalam riba, tenggelam dan teng-gelam”
Sedangkan Umar bin Khatthab Radhiallaahu anhu mengatakan, “Siapa yang tidak faham masalah agama janganlah sekali-kali berdagang di pasar kami.”

Jangan lupa selalu menanyakan kepada para ulama tentang segala permasalahan dagang yang belum jelas agar jangan sampai kita masuk ke area yang tidak hahal. Sebab teori dagang senantiasa berkembang dari hari ke hari, dan para ulama insya Allah akan memberikan wawasan kepada kita tentang mana yang halal dan mana yang haram.

Kiat Umat Muslim dalam Berdagang

# Jujur

Nabi Shalallaahu alaihi wasalam telah bersabda yang artinya, “Pedagang yang jujur dan terpercaya bersama para nabi, shiddiqin dan syuhada.” (HR. At-Tirmidzi, beliau mengatakakan,”Hadits hasan”)

Di dalam hadits lain juga disebutkan, yang artinya :
“Dua orang yang berjual beli memiliki khiyar (hak pilih) sebelum keduanya berpisah, jika mereka berdua jujur, maka jual belinya mendapatkan berkah. Dan jika keduanya menyembunyikan cacat serta bedusta, maka hilanglah keberkahannya.” (Muttafaq ‘alaih)

# Toleran dan Mempermudah Urusan

Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersbada,
Artinya, “Semoga Allah merahmati seorang hamb a yang toleran apabila menjual, toleran jika membeli dan toleran dalam tuntutan.” (HR al Bukhari)

# Jangan Menipu

Masyarakat Islami ditegakkan di atas amanah, sistem yang bersih, nasehat menasehati dan meninggalkan segala bentuk penipuan dan kecurangan. Menipu dapat melenyapkan berkah, mendatangkan murka dan siksa Allah Ta’ala serta menjerumuskan ke dalam api neraka. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam telah bersabda,
Artinya, “Barang siapa yang menipu, maka bukan termasuk golongan kami.” (HR Muslim).

Beliau juga menegaskan di dalam hadits lain yang artinya, “Barang siapa yang menipu, maka bukanlah termasuk golongan kami, makar dan tipudaya adalah di neraka.”

# Jangan Curang dalam Takaran dan Timbangan

Sebagaimana diperingatkan oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala dalam firman Nya,
“Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, ((yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, dan apa-bila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi”. (QS. 83:1-3)

Ibnu Abbas meriwayatkan, “Bahwa tatkala Nabi Shalallaahu alaihi wasalam tiba di Madinah, ternyata banyak penduduknya yang curang di dalam takaran. Kemudian Allah menurunkan surat al Muthaffifin, maka akhirnya mereka membaguskan takaran setelah turun ayat itu.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, dihasankan al Albani)

# Tidak Menimbun Barang

Trik seperti ini sering dilakukan oleh para pedagang, apalagi pedagang dimasa ini yang rata-rata tidak tahu hukum dan aturan. Dengan menimbun barang dagangan, mereka ingin agar harga menjadi tinggi, karena jika permintaan banyak sedangkan barang yang beredar sedikit, maka harga dapat dimainkan sekehendak penjual.
Ini adalah model perdagangan yang licik, dan Nabi Shalallaahu alaihi wasalam telah bersabda, “Barang siapa yang menimbun barang, maka dia telah berdosa.” (HR. Muslim)

#Jangan Bersumpah Palsu

Nabi Shalallaahu alaihi wasalam telah memperingatkan kita dari hal ini melaui sabdanya,
Artinya, “Sumpah yang buruk (dusta) melenyapkan barang perdagangan dan menghalangi berkah penghasilan.”(Muttafaq ‘alaih)

# Jauhi Riba

Sebagaimana telah diperingatkan oleh Allah melalui firman Nya,
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut), jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya”. (QS. 2:278-279)

Peringatan Untuk Kita

  • Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda kepada Ka’ab bin ‘Ujrah, artinya, “Wahai Ka’ab bin ‘Ujrah! Sesungguhnya tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari barang yang haram (suht).”

  • Ibnu Abbas Radhiallaahu anhum pernah mengatakan, “Mencari penghasilan yang halal lebih berat daripada memindahkan satu gunung ke gunung yang lain.”

  • Yunus bin Ubaid berkata, “Aku tidak mengetahui sesuatu yang paling langka daripada dirham halal yang diinfakkan.”
    Ini dikatakan pada Zaman Yunus bin Ubaid, lalu kita akan berbicara apa pada masa ini? Di zaman tatkala sistim kapitalisme dan ribawi sudah merajalela, pelaku dagang dan bisnis jarang yang tahu fikih dan hukum perdagangan?

  • Berkata pula Yahya bin Muadz, “Kataatan itu tersimpan di dalam perbendaharaan Allah Subhannahu wa Ta’ala, kunci-kunci-nya adalah doa, sedang gigi-giginya adalah suapan yang halal.”
    Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber : “Risalah ‘Ajilah ilat Taajir al-Muslim” Khalid Abu Shalih. (Abu Ahmad Taja)