Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Mudah

cara menjaga kesehatan gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi – Kesehatan gigi dan gusi sering disepelekan atau bahkan diabaikan banyak orang. Jika dibiarkan, ini akan menyebabkan gigi mengalami kerusakan, gusi mengalami gangguan, dan memicu munculnya penyakit berbahaya. Oleh karena itu, ketahui seperti apa cara menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Beberapa orang enggan melakukan perawatan gigi dan gusi karena dianggap rumit. Akhirnya, mereka lalai dan membuat gigi menjadi menguning, mengalami pengapuran, dan akhirnya keropos.

Cara menjaga kesehatan gigi dan gusi dari Kabar Muhammadiyah

Menjaga kesehatan gigi dan gusi harus dilakukan setiap hari. Kondisi ini membuat orang jadi malas melakukannya. Padahal merawat mulut dan organ di dalamnya tidaklah susah. Cukup lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Gosok gigi secara rutin

Cara menjaga kesehatan gigi dan gusi yang sederhana adalah menggosoknya secara rutin.

Anda harus menggosok gigi secara rutin setiap hari setidaknya 2 kali. Saat menggosok gigi Anda juga harus melakukannya dengan benar agar semua bagian gigi bisa dibersihkan.

Meski membersihkan gigi bisa dilakukan setiap hari, Anda tidak disarankan melakukannya secara terus-menerus dan terlalu kuat. Bagian gigi dan gusi memiliki area yang sensitif dengan gesekan. Kalau Anda melakukannya terlalu kuat. Yang terjadi pada mulut adalah luka yang besar dan juga perdarahan.

  1. Lakukan pembersihan sela gigi

Mungkin kita telah rutin menggosok gigi setiap harinya, namun sisa makanan seperti sayuran atau daging yang berada di sela gigi akan susah dibersihkan. Dampaknya makanan itu akan membusuk di gigi dan menyebabkan gangguan yang cukup besar seperti pengeroposan hingga berlubang.

Belilah dental floss atau tali tipis yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi. Setelah Anda menyikat gigi dengan bersih, berdirilah di depan cermin untuk melihat kondisi gigi terkini. Kalau terdapat kotoran di sela gigi, segera gunakan dental floss untuk mengangkatnya.

  1. Gunakan fluoride

Kalau ingin membersihkan gigi disarankan menggunakan fluoride.

Mengapa harus dengan bahan aktif ini? Perlu diketahui bahwa fluoride bisa melindungi permukaan gigi dari serangan bakteri dan pengeroposan. Itulah kenapa pasta gigi yang sering kita gunakan selalu mengandung fluoride dengan dosis yang direkomendasikan.

Meski fluoride bermanfaat untuk tubuh, Anda disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan pasta gigi, apalagi sampai berlebihan. Kalau mulut sampai kelebihan fluoride, Anda akan merasakan sabun di dalamnya. Kondisi ini akan terus terjadi dan membuat Anda tidak nyaman.

  1. Jangan merokok lagi

Kalau ingin sehat dan tidak mengalami gangguan pada gigi, berhentilah merokok. Jangan melakukan aktivitas ini karena rokok akan membuat area mulut jadi panas dan banyak sekali radikal bebas yang ikut masuk. Selain itu, rokok juga mengubah warna gigi jadi kuning atau agak kehitaman.

  1. Kunjungi dokter gigi secara rutin

Tidak semua masalah gigi bisa diatasi dengan menggosok gigi atau menggunakan dental floss.

Masalah yang terlanjur muncul seperti ada pengaturan atau flek harus dibersihkan dengan cara datang ke dokter. Anda tidak bisa membersihkannya sendiri karena terbentur masalah alat dan juga tidak mungkin melihat isi mulut.

Setiap beberapa bulan sekali atau saat Anda merasa ada masalah pada mulut, segera datang ke dokter gigi. Cari tahu apa yang terjadi dan segera atasi kalau gangguan muncul.

  1. Gunakan cairan kumur sesekali

Setelah berkumur dan menggunakan dental floss, Anda bisa menggunakan cairan kumur untuk membersihkan kotoran di dalam mulut.

Kalau Anda merasa perlu menggunakan cairan kumur, gunakan. Kalau tidak membutuhkannya, cara ini hanya opsional saja. Perlu menjadi perhatian juga bahwa cairan kumur tidak direkomendasikan untuk digunakan secara terus-menerus.

  1. Batasi makanan manis dan panas

Membatasi konsumsi makanan yang terlalu manis bisa menjadi salah satu cara merawat gigi dan gusi dengan mudah.

Makanan yang manis akan membuat gigi menjadi lebih asam dan memudahkan terjadi pengeroposan dan muncul bakteri yang merugikan. Hal ini akan semakin mengganggu kalau Anda memiliki gigi berlubang yang cukup banyak.

Setelah mengonsumsi makanan yang manis, segera berkumur atau menggosok gigi. Dengan melakukannya kondisi alami mulut akan kembali lagi. Anak-anak yang cenderung menyukai makanan manis juga disarankan untuk sering membersihkan mulutnya agar tidak mudah keropos akibat sering makan permen.

Makan yang panas juga harus dikurangi. Makanan yang panas akan membuat gigi menjadi sensitif dan juga rusak. Kalau Anda ingin mengonsumsi makanan, ada baiknya yang tidak terlalu panas. Diamkan beberapa saat dahulu agar menjadi hangat baru dimakan.

  1. Perbanyak minum air putih

Manfaat air putih untuk kesehatan gigi dan gusi memang tidak didapatkan secara langsung.

Ketika rutin mengonsumsi air putih setelah makan akan membuat kotoran di mulut atau sisa makanan yang ada di dalamnya ikut masuk ke dalam tubuh. Kalau Anda ingin kotoran dikeluarkan, gunakan air bersih untuk berkumur.

Air putih juga tidak menyebabkan gangguan pada gigi karena tidak mengandung elemen yang bisa merusak elemen di gigi. Berbeda kalau Anda mengonsumsi minuman yang terlalu manis. Kemungkinan terjadi gangguan seperti pengeroposan akan semakin tinggi. Jadi, sebisa mungkin selalu membawa air putih ke mana-mana.

Inilah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan gusi secara mudah. Apakah ada yang sebelumnya tidak Anda ketahui? Semoga setelah ini Anda jadi lebih tahu bagaimana cara merawat gigi dengan baik dan juga maksimal.