Inilah 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

17
10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

Rasulullah memiliki banyak sahabat selama masa hidupnya. Dari sekian banyak sehabat, ada 10 sahabat yang dijamin masuk surga oleh Allah SWT. Siapa saja mereka?

Rasulullah adalah orang yang sangat dicintai oleh siapa pun yang pernah bertemu dengannya, terutama bagi sahabat-sahabatnya.

Setelah Rasulullah wafat, perjuangan Islam ada di tangan sahabat-sahabat beliau. Melalui mereka pula ilmu Islam dapat berkembang dan berjaya hingga hari ini.

Lalu, siapa saja orang yang berhak menyandang gelar sebagai sahabat Rasulullah?

Menurut Imam Al-Bukhari, salah satu perawi hadits terbesar dalam sejarah Islam, “Siapapun dari kalangan kaum muslimin, yang pernah menyertai dan melihat Rasulullah semasa hidup, maka ia terhitung sahabat nabi”. (Shahih Bukhari)

Imam Ahmad rahimahullah melalui Ibnu Taimiyyah berkata,”Sahabat adalah siapa saja yang menyertai Rasulullah dalam waktu setahun, sebulan, sehari, atau sesaat, atau melihat beliau, maka ia termasuk sebagai sahabat Nabi. Derajat sahabat masing-masing ditentukan menurut jangka waktunya menyertai Rasulullah.”

Rasulullah sendiri begitu memuliakan sahabat-sahabatnya, lewat sabdanya “Janganlah kalian mencaci maki sahabat-sahabatku. Demi Allah yang nyawaku ada dalam kekuasaannya, seandainya seseorang diantara kamu membelanjakan emas sebesar gunung Uhud, tentunya ia tidak mencapai satu mud maupun setengahnya yang dibelanjakan oleh seorang dari mereka (sahabat-sahabatku).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sahabat Rasulullah SAW sendiri menempati posisi yang istimewa bagi Rasulullah, bahkan di mata Allah sekalipun. Sehingga para sahabat Rasul mendapat julukan radhiyallahu ánhum (semoga Allah meridhoi mereka).

Banyak sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Namun, terdapat 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga oleh Rasulullah.

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar adalah salah satu orang pertama yang memeluk agama Islam. Setelah Nabi Muhammad wafat, Abu Bakar menggantikan posisi Rasulullah sebagai khalifah Islam. Ia memerintah selama 2 tahun, yaitu pada tahun 632 sampai 634 Masehi.

Abu Bakar Ash-Siddiq terlahir dengan nama Abdullah bin Abi Quhafah. Ia memiliki nama lengkap yaitu Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Taim bin Murrah bin Ka’ab.

Abu Bakar adalah ayah dari Aisyah ra, istri Nabi Muhammad SAW.  Dengan kata lain, Abu Bakar adalah mertua Rasulullah SAW.

Abu Bakar merupakan orang yang pertama kali membenarkan perjalanan Isra’ Mi’raj yang dilakukan oleh Rasulullah. Oleh karena itu, sejak saat itu ia dipanggil Abu Bakar ash-Shiddiq.

(Baca Juga: 35 Kata Bijak Islami Abu Bakar Ash-Siddiq)

2. Umar bin Khattab

Selain Abu Bakar Ash-Siddiq, Umar bin Khattab juga masuk dalam golongan 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Umar bin Khattab sendiri merupakan khalifah kedua dalam sejarah Islam setelah Abu Bakar Ash Siddiq.

Ia memerintah selama 10 tahun, yakni mulai tahun 634 sampai 644 Masehi. Seperti pendahulunya, Abu Bakar, Umar Bin Khattab pun diberi julukan sebagai Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk.

Umar lahir dari seorang ibu bernama Hantamah binti Hasyim yang amat menyayanginya. Sebelum akhirnya menggantikan posisi Abu Bakar yang wafat, Umar sempat menjabat sebagai penasihat kepala.

(Baca Juga: 50+ Kata Bijak Islami Terbaik Umar bin Khattab )

3. Utsman bin Affan

Sahabat nabi lainnya yang juga dijamin masuk surga adalah Utsman bin Affan. Ia merupakan seorang pedagang kaya yang sangat dermawan.

Setelah Umar bin Khattab wafat, Utsman-lah yang menggantikan posisinya memegang tampuk kepemimpinan. Utsman mulai menjalankan kepemimpinannya dari tahun 644 sampai tahun 656 Masehi.

Selain dikenal sebagai sosok yang pemalu, Utsman mendapat julukan Dzunnurain  yang artinya adalah pemilik 2 cahaya, hal ini dikarenakan Utsman menikahi dua orang putri Rasulullah, yakni Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

4. Ali bin Abi Thalib

Setelah syahidnya Utsman, poros kekhlifahan berpindah ke tangan Ali bin Abi Thalib. Ali sendiri merupakan salah satu orang yang pertama memeluk agama Islam, Selain merupakan sepupu Rasulullah, Ali juga menikahi Fatimah az-Zahra (putri Rasul). Dari pernikahan inilah lahir dua cucu Rasulullah; Hasan dan Husein.

5. Thalhah bin Ubaidillah

Selain 4 Khulafar Rasyidin, Thalhah bin Ubaidillah merupakan sahabat nabi dari suku Quraisy yang dijamin masuk surga. Selain pernah menjadi konsultan Rasul, ia juga pernah terlibat dalam Perang Uhud yang membuatnya mengalami luka yang amat parah. Thalhah kemudian berpulang ke pangkuan Allah setelah terkena panah musuh pada Perang Jamal.

6. Az-Zubair bin Al-‘Awwam

Az-Zubair merupakan putra dari bibi Rasulullah atau dengan kata lain ia adalah sepupu langsung Nabi SAW. Az-ubair sendiri termasuk dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalun atau sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Tidak hanya itu, ia merupakan orang pertama yang dengan berani pernah menghunus pedang di Perang fi Sabilillah.

7. Sa’ad bin Abi Waqqas

Bersama beberapa sahabat lain, Sa’ad bin Abi Waqqas juga termasuk salah seorang orang terdekat nabi yang menerima Islam sebagai pegangan hidupnya. Selain pernah ikut berjuang membela agama Islam, ia merupakan pemimpin pasukan Islam ketika berperang melawan tentara Persia di Qadissyah. Perang tersebut merupakan salah satu perang besar dan bersejarah bagi umat Islam.

8. Sa’id bin Zaid

Mendapat julukan sebagai Abu al-Aawar, Sa’id bin Zaid merupakan sepupu dekat Umar bin Khattab. Selain masuk Islam pada awal kedatangan ajaran Islam di Makkah, ia merupakan salah satu sahabat nabi yang sudah dijamin masuk surga oleh Allah SWT .

9. Abdurrahman bin Auf

Barangkali nama Abdurrahman bin Auf sudah tidak asing di telinga kita. Ya, ia memang merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat terkenal. Ia juga termasuk salah satu dari 8 orang pertama yang memeluk Islam dan sudah dijanjikan surga oleh Allah SWT.

10. Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Sahabat nabi yang juga tidak luput dari janji imbalan surga adalah Abu Ubaidah bin al-Jarrah. Ia adalah seorang muhajirin dari kaum Quraisy Mekah. Abu Ubaidah pernah ikut serta berhijrah ke Madinah dan terlibat dalam peperangan membela Islam. Ketika Abu Bakar dipilih sebagai khalifah, Abu Ubaidah-lah yang dipilih sebagai panglima perang dalam memimpin pasukan Muslim ketika berperang melawan kekaisaran Romawi.

Hadits 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ

Dari [Abdurrahman bin ‘Auf] dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Abu Bakar masuk surga, Umar masuk surga, Utsman masuk surga, Ali masuk surga, Thalhah masuk surga, Zubair masuk surga, Abdurrahman bin ‘Auf masuk surga, Sa’ad masuk surga, Sa’id masuk surga dan Abu Ubaidah bin Jarah masuk surga.” (Hadits Tirmidzi Nomor 3680)